Rabu, 18 Maret 2009

“Waduh Lagi Bolong Nih”

Begitulah kata teman gw saat belajar bareng di kelas 2 SMA Seminari Mertoyudan. “Apa? Bolong. Apanya yang bolong? Ndasmu (kepalamu) ya?” Canda gw ketika itu. “Wooo gak paham ya? Bolong itu kalo lagi belajar tapi ndak masuk-masuk. Waduh bingung aku, besok ada dua ulangan lagi.” Katanya sambil menggerutu. “Ah, ada-ada aja.” Pikir gw dalam ati.
Ya saat itu, gw berpikir bahwa peristiwa “bolong” yang dialami oleh teman gw adalah hal yang dibuat-buat.. Masakan ada otak yang nggak bisa mikir dan nyerap pelajaran saat belajar. Setiap saat kita bisa ngendaliin pikiran dan gw ngerasa bahwa otak gw bisa nyerep apa yang gw pelajari.
Tetapi dalam perjalanan waktu, pengalaman “bolong” ada benarnya juga. Orang bisa “bolong.” Ya sangat-sangat bisa “bolong.” Kok bisa ya? Ternyata sebenarnya hal ini logis juga lho. Ketika otak sudah telalu lelah untuk mikir maka daya kerjanya pun semakin turun. Kelelahan fisik pun bisa mempengaruhi kerja otak. Ya, paling nggak ketika kita lelah, otak pun nggak akan bekerja maksimal. Layaknya seorang Del Piero yang jago main bola sekalipun, kalau dia sedang lelah banget, tendangannya pun nggak akan maksimal. Bola akan gampang ditangkap oleh kiper lawan atau meleset ke kanan kiri gawang. (kecuali kipernya lagi bengong trus bolanya malah masuk ke gawangnya. –ini mah kipernya geblek. Red-). Tapi penyebab lain juga berkaitan dengan kemampuan otak nyerap sesuatu. Ibaratnya kayak komputer yang lagi diisi dengan berpuluh-puluh giga data dalam waktu yang sama, maka komputer itu bisa-bisa muntah, masuk angin dan akhirnya error. (berpuluh-puluh giga, lebai nggak ya?). Kemampuan orang kan beda-beda, jadi cara loadingnya juga beda-beda. Ada yang langsung tapi ada yang bertahap. Pokoknya dikit-dikitlah.
So, masalahnya terletak pada kelelahan otak, fisik serta banyaknya data yang dipaksa masuk saat bersamaan yang melebihi kemampuan otak. Nah, kalo begitu, gw mesti berpikir gimana caranya biar kagak ngalamin yang namanya “BOLONG.” Yah, pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya manajemen waktu belajar. Kalo belajar ya mesti setiap hari dan nggak cuma saat mau ulangan. Nggak kebayang deh kalo pas minggu atau hari ulangan, otak kita malah “bolong.” Bisa-bisa kita hanya ndomblong (bengong sambil mangap).
Heheheee….kira-kira gw udah manage waktu belajar belom ya?
Merenunglah!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar