Selasa, 17 Maret 2009

Berhala

Berhala adalah patung yang berbentuk makhluk hidup atau benda yg didewakan, disembah dan dipuja, yang bukan atas perintah Tuhan. Dibuat oleh tangan manusia terbuat dari batu, emas, kayu atau bahan baku yang lainnya. Akan tetapi, berhala juga termasuk mahkluk hidup yang disembah, didewakan dan dipuja bukan atas perintah Tuhan.
Pada zaman ini, kata kerja dari memberhalakan berarti memuja dan mendewakan, bisa pula dijadikan menjadi kata kerja yang artinya berbeda lagi, seperti memberhalakan sesuatu tidak selalu berarti bahwa pemujanya mengatakan “inilah tuhan yang harus disembah”. Tidak juga berarti bahwa ia mesti bersujud dihadapannya. Pada dasarnya, menyembah berhala dapat berarti rasa suka seseorang terhadap sesuatu melebihi rasa sukanya kepada Allah. Misalnya, lebih takut kepada seseorang/benda dibanding rasa takut kepada Allah, atau lebih mencintai seseorang/benda dibanding cintanya kepada Allah.
Di setiap masa, selalu ada manusia yang meduakan Allah, mengambil tuhan lain dan menyembah pujaannya atau patung. Pada saat ini, masih ada pula sebagian etnis yang membuat berhala untuk disembah, sebagai simbol, bahkan hanya sekedar untuk dipajang sebagai barang koleksi. (Sumber Wikipedia)
Berhala-berhala di zaman ini
1. Uang. Orang mencari uang terus-menerus dalam seluruh waktu hidupnya dan melupakan Tuhan. Orang Kristen tetap bekerja di Hari Minggu sehingga seakan-akan tidak ada lagi waktu untuk mengikuti misa atau kebaktian.
2. Pekerjaan yang berlebihan (workaholic) yang menyebabkan dia lupa akan kewajibannya sebagai orang beriman. Dalam hal ini termasuk karier yang diagung-agungkan.
3. Harta yang dianggap sebagai segala-galanya.
4. Idola-idola (gara-gara nonton Peterpan di hari Minggu, orang menjadi malas ke Gereja)
5. Acara televisi (Doraemon, Sinchan dan lain-lain di pagi hari yang membuat anak-anak enggan ke gereja). Tentunya acara televisi lain yang membuat orang lupa akan Tuhannya.
6. Game dan internet yang membuat orang lupa akan segalanya sehingga anak-anak dapat menghabiskan waktu sehari penuh di depan layar computer.
Dll. Anda dapat mencarinya sendiri….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar